7 Terbaik Contoh Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran diri ini sering dipakai untuk keluar dari suatu tempat kerja, yang mungkin tidak nyaman atau alasan lainnya. Untuk keluar dari tempat kerja setidaknya kita meninggalkan surat pengunduran diri, agar terlihat meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Hidup itu pilihan, ada kalanya kita juga merasakan situasi senang dan tidak senang saat kerja. Situasi senang dapat menimbulkan kita betah di suatu perusahaan, sedangkan tidak betah dapat menimbulkan diri sendiri untuk melakukan pengunduran diri alias keluar dari tempat kerjanya.

7 Terbaik Contoh Surat Pengunduran Diri

Dalam pengunduran diri saat bekerja bukan berarti itu sebuah pilihan yang negatif , melainkan sebuah situasi yang sensitif atau kemauan diri sendiri yang dilandasi alasan.

Maka dari itu diperlukan landasan yaitu surat lamaran kerja untuk melakukan pengunduran diri. Apa sih Surat Pengunduran diri? Bagaimana contoh suratnya ?

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri adalah surat pengunduran yang dilakukan oleh seseorang untuk keluar dari suatu tempat kerja atau perusahaan dengan alasan tertentu, dimana surat ini biasanya langsung ditujukan kepada atasan.

Surat Pengunduran diri terdiri dari beberapa komponen. Adapun komponen tersebut yaitu, tujuan surat, nama pengirim (beserta data singkat, misalnya usia, lama kerja, dan jabatan) dan alasan mengundurkan diri.

Selain itu, terdapat aturan-aturan dalam membuat surat pengunduran diri yaitu :

  1. Menyebut nama atasan dengan awalan “Kepada Yth. (yang terhormat)” atau “Yth.”
  2. Nama lengkap, identitas singkat, serta jabatan dan lama kerja, apabila perlu sebutkan pula tanggal terakhir bekerjanya.
  3. Gunakan bahasa formal, tepat dan Santun. Mengapa? Agar meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan tersebut.
  4. Jelaskan alasan pengunduran diri dengan sopan, jelas, dan singkat serta tepat. Misalnya karena sakit atau pindah rumah dan lain sebagainya. Jika alasan tersebut menyangkut orang lain dalam perusahaan, sebaiknya tidak usah disebutkan.
  5. Sampaikan terimakasih kepada atasan dan seluruh bagian perusahaan.
  6. Bisa diketik ataupun ditulis tangan. Namun lebih sopan jika kita tulis tangan sendiri.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Dalam membuat surat pengunduran diri harus diperhatikan etika dan bahasa. Jika kita sudah siap untuk mengundurkan diri dari suatu pekerjaan, langsung saja membuat surat pengunduran diri. Apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisan surat pengunduran kerja ?

Yang harus diperhatikan adalah format penulisan surat pengunduran diri, dimana layaknya seperti surat resmi yang biasanya kita buat, dimana harus memuat pada bagian-bagian surat seperti:

  1. Tanggal dan tempat dalam pembuatan surat
  2. Nama dan alamat yang akan dituju
  3. Isi surat dengan bahasa yang baik dan sopan
  4. Tanda tangan serta materai (bila diperlukan)

Tidak hanya dalam penulisan struktur surat pengunduran diri saja, namun harus memperhatikan etika dalam penulisan seperti surat harus jelas dan dapat dimengerti, memberikan ucapan terimakasih pada atasan, memberikan alasan yang jelas dalam mengundurkan diri, dan mengucapkan harapan untuk kedepannya.

Selain itu , kita juga harus menyertakan kutipan mengenai beberapa landasan hukum yang mendasari dalam mengajukan surat pengunduran diri. Bisa kita ambil dari masa kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang sudah kita dibuat. Bisa juga kita menyelipkan cindra mata atau sesuatu kenang-kenangan yang bersifat berkesan kepada manager atau atasan dalam perusahaan, sehingga dapat mengenang atas kepergian kita dari perusahaan tersebut.

Jika sudah paham mengenai format-formatnya, kita langsung saja ke contoh surat pengunduran diri. Sebelumnya dalam keluar dari tempat kerja maka hal yang baik dan harus kita lakukan adalah membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan. Mengapa ? Karena dalam   pengunduran dari pekerjaan agar terlihat lebih sopan dan terhormat. Agar terlihat menghargai atasan dan perusahaan tersebut kita harus membuat surat pengunduran diri.

Bagaimana surat pengunduran dirinya ? Seperti apa ? Bagaimana cara membuat ? Apa saja contohnya ? Adapun contoh surat pengunduran diri yaitu :

1. Surat Pengunduran diri langsung ke direktur

Surabaya, 30 Mei 2016

Yth. Direktur PT. Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai               : D5143

Jabatan                       : Staf Maintenance

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Sejahtera Bersama Marsindo.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa

 

2.Surat Pengunduran diri sederhana

Surabaya, 16 Januari 2017

 

Kepada Yth,

HRD Manager

1.Sukses Sejahtera

Jl. Cipanas, No. 15

Surabaya

 

Dengan Hormat,

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi saya akan pengunduran diri. Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan akan berangkat pada tanggal 2 Mei 2014

Sementara saya benar-benar menikmati waktu saya bekerja di PT. Sukses Sejahtera, saya telah memutuskan untuk melakukan langkah ini untuk memajukan karir saya. Saya ingin mengungkapkan betapa saya menghargai kesempatan yang telah saya berikan selama tiga tahun terakhir, dan akan sedih untuk meninggalkan tim.

Proyek saya saat ini up to date dan saya yakin saya dapat membuat serah terima proyek saya saat ini sebelum saya pergi.

Tolong beritahu saya jika Anda membutuhkan bantuan saya dengan cara lain.

 

Hormat Saya

Muhammad Fahmi

 

3. Surat Pengunduran Diri ke Kepala Bagian/Supervisor

Surabaya, 30 Mei 2016

 

Yth.Kepala Departemen Quality Control

Sejahtera Bersama Marsindo

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir       : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai                : D5143

Bekerja sejak              : 2014

 

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staf Maintenance departemen Quality Control PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen Quality Control (boleh sebutkan nama) beserta rekan-rekan dalam departemen.

Saya mohon maaf apabila selama bertugas saya melakukan kesalahan-kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Semoga departemen Quality Control semakin jaya dan membantu dalam memajukan perusahaan.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa

 

4. Surat Pengunduran Diri Secara Formal

Surabaya 16 Februari 2017

Yth. HRD PT. Gunung Bumi

 

Dengan Hormat,

Saya menghargai kesempatan yang telah diberikan di PT. Gunung Bumi dan bimbingan dan dukungan profesional Anda. Saya berharap Anda dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

 

Nama                  : Muhammad Fahmu

Departemen      : Pemasaran Produksi

Jabatan : Operator

No Karyawan     : 4567890

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Gunung Bumi karena sakit yang telah saya derita. Surat ini saya buat dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial serta tanpa motivasi negatif. Saya berharap kepada perusahaan supaya dapat memahami kondisi saya, sehingga bisa memberikan hak sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran yang saya buat dengan sebenarnya. Atas bimbinga dan dukungan yang telah banyak diberikan selama ini saya mengucapkan terimakasih.

 

Dengan hormat

Muhammad Fahmi

 

5. Surat Pengunduran Diri Kepada Kepala Bagian SDM dan Umum

Surabaya, 30 Mei 2016

 

Yth.Kepala Departemen SDM dan Umum

Sejahtera Bersama Marsindo

tempat

 

Dengan hormat,

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

 

Nama                           : Raisa Putri Nafisa

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 21 Mei 1989

No. Pegawai                : D5143

Jabatan                        : Staf Maintenance

Departemen                : Quality Control

Bekerja sejak              : 2014

 

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Kepala Departemen SDM dan Umum yang telah merekrut saya menjadi bagian PT. Sejahtera Bersama Marsindo.

Demikian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Raisa Putri Nafisa

 

6. Surat Pengunduran Diri Secara Umum

Bogor, 21 April 2016

 

Yth.Bapak Supervisor Departemen

Produksi PT. Kalimas Kretek Group

di tempat

 

Dengan hormat,

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

 

Nama                           : Irfan Renaldi

Tempat, tgl. lahir      : Kudus, 2 Februari 1970

Jabatan                       : Operator

No. karyawan            : K9978

 

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Sejahtera Bersama Marsindo. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin berwirausaha. Saya berterimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak supervisor departemen Produksi PT. Kalimas Kretek Group yang selama ini telah membimbing saya. Mohon maaf apabila selama kerja, saya melakukan banyak kesalahan, baik disengaja atau tidak. Semoga PT. Kalimas Kretek Group semakin maju.

 

Demikian pengunduran diri saya. Atas perhatian dan kemaklumannya, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Irfan Renaldi

 

7. Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Tasikmalaya, 4 Januari 2015

 

Yth.Bapak Direktur CV. Sembrani Kerupuk

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Kholik Sujudi

Jabatan                      : Operator Frying

Bekerja sejak            : 7 Januari 2014

 

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari CV. Sembrani Kerupuk. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena menderita sakit diabetes (bisa disebutkan sakitnya, bisa juga tidak). Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak dan rekan kerja di CV. Sembrani Kerupuk. Semoga CV. Sembrani Kerupuk segera menemukan pengganti yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Kholik Sujudi

 

Semoga beberapa contoh surat pengunduran diri diatas dapat membantu kalian dalam menuliskan pemberitahuan kepada pihak manajemen atau atasan, bahwa kalian yang ingin mengundurkan diri dari suatu pekerjaan sudah tidak lagi ingin bekerja didalam perusahaan itu. Tidak kalah pentingnya lagi , dalam membuat surat pengunduran diri yang paling penting adalah bahasa dan kesopanan.

Demikian contoh surat pengunduran diri untuk sebagai referensi atau panduan belajar saat latihan membuat contoh surat pengunduran diri ataupun bisa digunakan untuk referensi saat kita ingin keluar dari suatu pekerjaan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya dan dapat dijadikan pembelajaran yang berguna. Sekian dan terimakasih.

7 Terbaik Contoh Surat Pengunduran Diri
4.8 (96.19%) 21 votes

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *