10 Contoh Daftar Pustaka Yang Harus Anda Ketahui

Sebelum masuk ke dalam contoh-contoh daftar pustaka, disini akan dijelaskan mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, aturan, susunan hingga ke contoh daftar pustaka.

Daftar pustaka? Pastinya tidak terlalu asing bagi para pelajar atau mahasiswa saat belajar. Paling sering dibahas pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Daftar pustaka ini suatu kosa kata yang akrab terdengar di telinga para pelajar atau mahasiswa.

Terbaik Contoh Surat Pengalaman Kerja

Daftar pustaka ini biasanya sudah menjadi ketentuan dalam suatu tugas. Tugas seperti karya ilmiah, laporan, makalah dan lain-lain.

Terbaik Contoh Daftar Pustaka – Periksa Di Bawah Ini

Pastinya disetiap buku terdapat daftar pustaka yang mana biasanya terdapat di bagian belakang buku.

Apa sih daftar pustaka ? Daftar pustaka adalah suatu tulisan yang berada di akhir karya ilmiah mulai dari nama penulis, judul karya, penerbit, tahun terbit, hingga identitas penerbit yang terdapat dalam sebuah karya tulis. Karya ilmiah tersebut seperti laporan, makalah, skripsi atau ilmiah yang biasa dijadikan sebagai sumber atau referensi oleh seorang penulis termasuk mahasiswa atau pelajar dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah baru atau tugas-tugas tertentu.

Perlu kita ketahui juga, penulisan daftar pustaka pada umumnya ditulis urut secara abjad dari atas ke bawah serta terdiri dari nama penulis, tahun penerbit, judul tulisan, identitas penerbit dan juga lokasi penerbitan.

Dalam mencantumkan  setiap catatan, tulisan atau kalimat dari karya tulis orang lain kita harus mencantumkan daftar pustaka. Mengapa ? Karena hal tersebut merupakan etika dalam penulisan karya tulis yang tidak bisa diganggu gugat dan juga menghargai karya tulis orang lain.

Terdapat fungsi dari penulisan daftar pustaka. Apa sih fungsinya ? Fungsinya yaitu membuktikan kejujuran bahwa karyanya itu tidak hanya hasil diri sendiri ,namun dibantu oleh bantuan atau referensi dari orang lain. Selain itu, sebagai penghargaan dan pengakuan sang penulis yang hasil karyanya diambil untuk sumber referensi, dan juga memudahkan sang pembaca untuk lebih mendalami dalam mengulas buku-buku atau referensi. Dan dapat juga terpenuhinya kelaziman penulisan karya tulisan.

Tujuan daftar pustaka ini sebagai karakteristik khusus karya tulis, tahu akan tempat penerbitan dan tanggalnya, menumbuhkan sikap kepercayaan pembaca, Mendorong Pembaca agar mencari materi bacaan dan juga Menghasilkan kepuasan Batin untuk Penulis, Penerbit dan yang lainnya.

Mengapa harus ada daftar pustaka ? Karena daftar pustaka ini dapat dijadikan referensi untuk para penulis dan pembaca lainnya. Dan daftar pustaka ini dapat dijadikan penghargaan serta ucapan terimakasih ke pada sang penulis aslinya bahwa dalam mengerjakan suatu tugas itu tidak hanya dari pikiran sendiri namun juga perlu referensi dari orang lain.

Mengapa daftar pustaka itu penting ? Iya penting karena daftar pustaka ini merupakan ketentuan yang wajib berada di dalam karya ilmiah.

Daftar pustaka memiliki beberapa hal yang sangat penting, berikut alasannya :

  1. Dapat Menjadikan sebuah karya tulis menjadi valid. Karena disusun berdasarkan referensi yang sudah ada dan sesuai dengan ketentuan masing-masing.
  2. Dapat memberikan pertanggung jawaban ilmiah dan bentuk penghargaan penulis atas penggunaan ide dan gagasan karya orang lain dalam karya tulisnya.
  3. Menghindari tuduhan plagiat pada suatu karya tulis, dengan cara ini kita juga dapat menghargai karya tulis orang lain walaupun kita mencopy tulisan atau karya tulis orang lain.
  4. Sebagai pemenuhan syarat yang utama dalam penyusunan karya tulis, sebab dalam tugas tertentu kita harus menyertakan daftar pustaka.

Dalam menulis daftar pustaka tentunya tidak diperkenankan untuk asal atau sembarang dalam menuliskannya. Mengapa? Karena harus mengikuti beberapa prinsip yang umumnya digunakan untuk menulis daftar pustaka itu sendiri. Apa saja ?

Berikut prinsipnya :

  1. Penulisan nama harus dibalik dan dipisah dengan tanda koma serta nama depan cukup ditulis dengan huruf pertama, Namun jika terdiri dari tiga kata atau lebih maka penulisannya bisa dimulai dari nama yang terakhir diikuti dengan singkatan dari nama pertama ke belakang.
  2. Penulisan nama pengarang tidak perlu menyertakan gelar akademis maupun gelar keagamaan.
  3. Apabila penulisannya berjumlah lebih dari satu orang penulis maka Anda gunakan tanda koma untuk memisahkannya.
  4. Penulisan judul buku dicetak miring tetapi untuk judul artikel tidak usah di centang miring.
  5. Awal kata pada judul buku menggunakan huruf kapital.
  6. Judul artikel ditulis dengan huruf kecil, kecuali pada huruf awalan.
  7. Urutan daftar pustaka sesuai dengan alfabet.
  8. Jarak atau spasi antara satu referensi dan satu judul dengan referensi judul lainnya, sama seperti jarak atau spasi pada makalah atau skirpsi yaitu 1,5 atau sampai 2.
  9. Untuk sambungan referensi diketik dengan cara menjorok ke dalam sebanyak 5-7 ketukan dan spasinya rapat.
  10. Nama penulis cukup diganti dengan garis apabila dari penulis menggunakan beberapa referensi.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis dan membuat daftar pustaka. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat akan menyusun daftar pustaka, diantaranya:

  1. Struktur penulisan daftar pustaka dimulai dari urutan nama, tahun terbit, judul, lokasi penerbit, hingga nama penerbit.
  2. bagian harus dipisah dengan tanda titik (.)
  3. lokasi penerbit dengan nama penerbit harus dipisah dengan tanda titik dua (:)
  4. Penulisan nama penulis, tidak perlu mencantumkan gelar akademiknya ataupun keturunan serta agama.
  5. Penulisan judul karya tulis menggunakan font italic, Kecuali apabila bersumber dari artikel maka judul artikel ditulis seperti biasa.
  6. Kategori sumber berpengaruh terhadap cara penulisan daftar pustaka itu sendiri.

 

Adapun tips dalam menulis daftar pustaka agar memudahkan kita dalam membuatnya yaitu :

  1. Mengklasifikasikan sumber atau referensi berdasarkan kategori buku. Misalnya kategori dari buku, majalah, surat kabar, makalah dan lain-lain.
  2. Mengurutkan masing-masing sumber berdasarkan abjadnya, karena Hal ini dilakukan untuk mempermudah pada saat memulai menuliskan daftar pustaka.
  3. Menuliskan daftar pustaka sesuai dengan tata cara yang telah ditentukan dan disesuaikan oleh masing-masing kategori sumber.
  4. Dalam membuat daftar pustaka usahakan dirangkai atau ditulis ke arah kanan.

 

Daftar pustaka ini juga memiliki susunan. Maksudnya seperti kerangka mulai dari atas hingga ke bawah. Bagaimana susunan penulisan daftar pustaka? Adapan susunan penulisan daftar pustaka yaitu dimulai dari :

  1. Nama penulis

Nama penulis ini ditulis dengan cara dibalik, maksudnya nama belakang ditaruh di depan lalu dilanjut nama depan. Penulisannya dipisah dengan tanda koma (,).

  1. Tahun Terbit

Tahun terbit ini sesuai tahun keluaran suatu buku atau novel apapun. Dimana ditulis dengan angka, bukan kalimat.

  1. Judul buku

Judul buku ini ditulis dengan diawali huruf kapital dan menggunakan font italic.

  1. Penerbit dan Tempat Terbit

Dalam penerbitan ini harus menggunakan tanda titik dua (:) antara penulisan kota dan juga penerbit buku.

Adapun contoh daftar pustaka sumber buku

  1. nama penulis terdiri dari dua kata

Nama Belakang, Nama Depan. Tahun Terbit. Judul Buku (cetak miring). Kota terbit: Penerbit

Contoh:

Nama pengarang: Sigmund Freud

Freud, Sigmund. 2015. Psikopatologi. Yogyakarta: Forum

  1. nama penulis lebih dari dua kata

Nama Belakang,Nama Depan (spasi) Nama Tengah. Judul Buku (cetak miring). Kota Terbit: Nama Penerbit

Contoh:

Nama pengarang: Dwi Sunar Prasetyono

Prasetyono, Dwi Sunar. 2012. Bedah Lengkap Grafologi. Yogyakarta: Diva Press

  1. nama penulis lebih dari satu orang

Nama Belakang Penulis 1,(koma) Nama Depan Penulis 1,(koma) Nama Penulis 2.(titik) Tahun Terbit.(titik) Judul Buku (cetak miring).(titik) Kota Terbit:(titik dua) Nama Penerbit

Nama Belakang Penulis,(koma) Nama Depan Penulis,(koma) dkk.(titik) Tahun Terbit.(titik) Judul Buku (cetak miring).(titik) Kota Terbit:(titik dua) Nama Penerbit

Contoh:

Nama pengarang: Moeljono Notosoedirdjo dan Latipun

Notosoedirdjo, Moeljono, Latipun. 2014. Kesehatan Mental. Malang: UMM Press

  1. Penulisan tanpa pengarang

Depag. 2001. Petunjuk Pelaksanaan dan Tata Cara Wudhu dan Sholat. Bandung: Depag.

Contoh Daftar Pustaka Bersumber Dari Buku Terjemahan

  1. Migley F. 2005. Pembangunan Sosial. Tindilinting P, penerjemah. Jakarta (ID): Gramedia.
  2. Hasim H, ed. 2009. Jaringan Sel. Bandung (ID): Pustaka Jaya
  3. Saiful AM. 2010. Perubahan sosial. Sitanggang A, editor. Jakarta (ID): UI Press

Contoh Daftar Pustaka Bersumber Dari Jurnal, Makalah, atau Laporan

Nama Penulis. Tahun Seminar. Judul makalah. Makalah. Dalam: Nama seminar beserta lokasi, tanggal, dan bulan

Contoh:

Wuri Eka . 2006. Partisipasi perempuan dalam pembangungan. Makalah. Dalam: Seminar Pengarusutamaan Gender di FEMA IPB, 18 September

Contoh penulisan daftar pustaka dari skripsi, tesis, disertasi

Nama Penulis. Tahun Terbit. Judul (huruf tegak) [Jenis publikasi]. Tempat Institusi (kode negara): Nama Institusi karya ilmiah

Contoh:

Verina S. 2011. Perubahan pola asuh masyarakat Bogor [skripsi]. Bogor (ID): Institusi Pertanian Bogor

Mustofa, Dimas Eka. 2011. Sudut Pandang Umum dalam Kanji (Analisis Semiotika terhadap Buku Kanji Pictographix). Jakarta : Universitas Indonesia

Contoh penulisan daftar pustaka yang bersumber dari koran atau majalah

Nama Pengarang. Tanggal Terbit (tahun bulan tanggal). Judul atikel (tidak dicetak miring). Nama Surat Kabar. Informasi Seksi:(titik dua) halaman (kolom)

Contoh:

Piliang Ij. 2010 Jun 10. Demokrasi di Era Otonomi Daerah. Kompas. Rubrik Opini: 6 (kol 1-6)

Purbo, Onnaa. 2005. Kemajuan Sepak Bola Indonesia, Antara Fakta dan Opini. Jakarta: Berita Bola. (25 Maret 2008)

Contoh Daftar Pustaka Dari Koran

Price, M. (2006). Get It Covered – Modeling Standard Of Cover with ArcGIS Network Analyst 9.2. ArcUser Magazine, October-December, 2006, pp. 48-53.

Dimas 16 Desember, 2014. Hal-Hal Utama Di Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Kompas, Radar Malang, hlm 1 & 2.

Contoh Daftar Pustaka dari Artikel Internet

Raharjo, Rudii. 2000. Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini : Siapkah Indonesia?. Diambil dari: http://infoguruterbaru.blogspot.com/2016/12/6-contoh-artikel-pendidikan-pendek.html. (6 Desember 2016)

Andika, Rio. 2003. Aku, Benci dan Cinta. Diambil dari : http://abc.blogspot.com/1/2/30.html. (2 mei 2017)

Ilmiawan, Ahmad. 2016. Contoh rumusan masalah Makalah. www.sahabatnesia.com. Diakses pada 12 Desember 2016.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Kamus

David-Longley, D.W. 2005. Geographic Information Systems and Science. The New Encylopedia Britannica. Encylopedia Britannica 322: 651-701.

Masih banyak lagi jenis daftar pustaka yang dapat kita pelajari, salah satunya seperti yang dijelaskan diatas.

Demikian penjelasan daftar pustaka mulai dari pengertian hingga contoh-contohnya. Untuk mengenal dan mengerti lebih lanjut tentang daftar pustaka, kita dapat mencari di referensi lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, masih banyak lagi contoh daftar pustaka yang dapat dipelajari. Semoga dapat dijadikan sebagai bahan referensi karya tulis kalian.

10 Contoh Daftar Pustaka Yang Harus Anda Ketahui
4.5 (90.77%) 13 votes

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *